Yeaaaay, libur tlah tiba!!
Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh Kalila Nawal Malik (dan juga ibu & papanya) tiba hehehe.

Kali ini liburannya keliling Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Mulai dari Cirebon lanjut ke Kendal, Jepara dan berakhir di Bandung!

Total 10 hari nggak terasa. Seru banget!
Di Cirebon kita nginep 1 hari di hotel baru yang bagus, hotel Aston, kamarnya guede dan kolam renangnya lumayan ok. Di sini aku ngajar untuk kelas training d’BCN di SPOnya Directorku Cucu Sumiati.

Training di SPOnya Directorku: Cucu Sumiati

Training di SPOnya Directorku: Cucu Sumiati

Dengan mbak Cucu

Dengan mbak Cucu

 

Meski cuma sehari kita nyempetin wisata kuliner yang ngetop yaitu Nasi Jamblang Ibu Nur (dikomporin sama mbak Wiwik dan Denti) dan Pondok Dahar pak Djaja (Jl Dewi Sartika depan SMP 1 Sumber) ditemani oleh Mia salah satu Director di kedalaman jaringanku. Dua-duanya enak pisan, makasih yaaa Denti, mbak Wiwik, Cucu dan Mia yang sudah rekomendasiin ke2 tempat ini. Recommended deh untuk yang ke Cirebon mesti mampir ke sini ya, sederhana tapi mantap!

Pondok Dahar HM Djaja

Pondok Dahar HM Djaja

Trus lanjut ke Kendal, di sini kita nginep di Hotel Tirto Arum, hotel ini adalah hotel yang lengkap, ada restorannya, ada saran out bound, area bermain anak-anak, ada kolam renang sejenis water park gitu. Tarif kamarnya juga terjangkau banget, yang paling murah kalau nggak salah sekitar Rp 150ribuan sementara yang paling mahal untuk rate Rumah Kendal yang berupa rumah kayu dengan 2 kamar. Sayangnya 2x kami ke sini tidak pernah kebagian, yang pertama karena sudah booking tapi mendadak yang punya hotel datang, tergusurlah kami dari situ ke kamar yang lain hiiiks. Yang kedua karena hari kerja kami go show aja yakin kosong, eh taunya udah keisi juga, hyaaaa, nggak jodoh. Enaknya kalau ngingep di Tirto Arum ini adalah kita langsung dapat fasilitas main di arena outbond, arena bermain dan kolam renang, tanpa batasan orang!! Hihihi jadii orang-orang suka sewa 1 kamar aja, abis itu mereka bisa pake fasilitas sepuasnya, jauh lebih murah ketimbang beli satu2 tiket out bond atau kolam renangnya hehehe.

Rumah Kendal di Tirto Arum

Rumah Kendal di Tirto Arum

Di Kendal ini kita juga sambil hunting gebyok dan rumah kayu untuk bakal rumah yang akan dibangun di Jakarta insyaAllah. Alhamdulilah nemu dan deal gebyok dan juga rumah kayu tua yang masih apik tenan. Tapi belum langsung dibawa, paling baru bulan Februari diangkut ke Jakarta. Sayangnya lupa foto rumah kayunya itu, hadooooh, jadi gak ada dokumentasinya deh di sini. Menyusul deh yaa :).

Dari Kendal kita langsung menuju Jepara, di sini kita nginep di Bay Front Villa, hotel cantik yang benar-benar private. Tiap kamar didekor berbeda sesuai tema masing-masing, Surprise banget pas sampe di sini dan menemukan bahwa hotel ini benar-benar cantik, untuk harga sewanya, benar-benar worth the price, yang mau liburan ke Jepara, aku saranin banget untuk nginep di Bay Front Villa ini. Ohya tapi, kalau mau ke sini sebaiknya jangan di bulan Desember – Februari ya karena musim hujan dan ombak serta anginnya kencang sekali. Sayang, nanti gak bisa maksimal menikmati pantainya. Trus pilih kamarnya yang di bawah ya, yang langsung menghadap kolam renang, ini kamar yang paling strategis kalau menurutku.

Pemandangan dari Kamar

Pemandangan dari Kamar

Jepara Bay Front Villa1

Bay Front Villa

Kuliner yang wajib dicoba di Jepara ini adalah Pindang Serani. Katanya lagi, yang paling enak itu pindang yg di restoran Luminto (lupa di mana jalannya, coba googling aja ya, nggak susah kok nyarinya) Ini asli enak banget, tapi porsinya gede ternyata, satu porsi itu (dalam 1 kuali tanah liat) bisa untuk 3 orang deh, jadi lauk tambahan lain menurutku nggak diperlukan, cukup sayur pelengkap aja. Tapi kalau modelnya pemakan berat hehehe, ya boleh order lauk lain, misalnya udang, cumi atau lainnya.

The Famous Pindang Serani

The Famous Pindang Serani

Trus kalau mau suasana berbeda, coba juga makan malam lesehan di alun-alun kota. Ada banyak pilihan makanan berat dan jajanan yang ada di seputaran alun-alun tersebut. Kita nyoba roti bakar bandung (hahaha kok di Jepara :p), trus wedang jahe, trus onde-onde mini, murah meriah banget semuanya, dan enak-enak pula. Untuk makanan berat kita nyoba menu khas di warung Karimun Jawa ya. Nyoba ikan bakar, udang dan tumis kangkung (standard yeee, biarin yang penting enak ;p).

Selebihnya ya menikmati pantai dan santai-santai aja pokoke di Jepara ini, eh iya sama sekalian hunting furniture, kita nemu 1 supplier yang bagus, mereka biasa supply ke buyer Korea, jadi desainnya unik banget. Minimalis tapi ada sisi oriental etniknya juga (ruwet nggak tuh :p).

Dan dari sini, tanpa direncanakanan sebelumnya kita lanjut ke Bandung, padahal stock baju sudah habis, jadilah nitip dengan mama papa mertua (janjian ketemu di Bandung) untuk bawain stock baju bersih untuk kami sekeluarga.

Di Bandung kita nginep di hotel Scarlet di Dago Pakar, ini hotelnnya kayak Bed and Breakfast gitu, harganya lumayan terjangkau, untuk kamar Rp 600rb per malam pita dapat family suite dengan 2 king size bed. Tapi kalau mau yang bagus banget, aku rekomendasiin untuk nginep di The Valley Resort, keluarga kita nginep di sini semua, tapi pas kita mau booking juga udah fully booked hiiks karena memang pas musim liburan dan kitanya juga mendadak banget.

Anyway seperti biasa di Bandung so pasti wisata kuliner dong ya. Tapi ada yang berbeda karena sekarang kita nyobain ke de Ranch di Lembang, jadi de Ranch ini semacam tempat wisata alam. Tempatnya gedeee banget dengan fasilitas yang lengkap baik outdoor maupun indoor. Mulai dari cooking class, face painting, bersepeda, memanah, berkuda, atau sekedar berlarian atau main bola di halaman yang super luas. Yang mau liburan ke Bandung dengan anak-anak, cobain deh ke sini ya, memang lokasinya agak jauh dari pusat kota Bandung tapi setimpal deh dengan suasana sesampainya di sana :). Jangan khawatir dengan makanan ya, karena di de Ranch ini banyak banget pilihan makanan, ada food courtnya kok, no worry :).

Pemandangan di de Ranch

Foto Keluarga di de Ranch

Bandung De Ranch Cooking Class

Lila dan Malik di Cooking Class de Ranch

de Ranch Bola Air

Main Bola Air di de Ranch

Wisata kuliner lain di Bandung yang kita coba kali ini adalah Mie Akung di jalan Lodaya, ini konon ngetop banget dan ampun deh, ternyata jauh juga lokasinya dari hotel kita. Rasanya memang enak dan antrinya luaaar biasa, siap-siap aja ya kalau mau ke sini jangan pas jam makan siang deh, dijamin kena antri berjam-jam :p, keburu masuk angin nanti.

Mie Akung Jl Lodaya

Malik di Mie Akung Jl Lodaya

Bandung Mie Akung Jl Ladaya1

Ya Mien Yang DItunggu-tunggu

Yang rada beda dan lebih bergaya high end gitu (plus gaul ala anak muda :p) bisa nyoba Resto Lawang Wangi, pas kita ke sini malam minggu jadi antrinya rek panjang tenan dan lagi ada pameran instalasi Dorine jadinya tambah penuh aja. Setelah menunggu sekitar 30 menit dan belum juga dapat tempat, akhirnya kami batal dinner di sini. Akhirnya malah ketemu rumah makan murah meriah ala Cirebo  yang nggak kalah asik dan enak namanya resto.

Pose Unyu-unyu - Lawang Wandi di Malam hari

Pose Unyu-unyu – Lawang Wangi di Malam hari

Bandung Lawang Wangi1

Instalasi Seni Dorine Camps di Lawang Wangi

RM Jajanan Nasi Jamblang di Lembang

RM Jajanan Nasi Jamblang di Lembang

 

Mr Ardha Pilih  Menu Prasmanan di RM Jajanan

Mr Ardha Pilih Menu Prasmanan di RM Jajanan

Trus yang standar tapi nikmat itu pastinya makanan sunda dong ya, di Bandung resto Sunda favorit kami adalah Saung , lokasinya di ujung jalan Cihampelas, nanti kalau ketemu kartu namanya aku infoin di sini ya.

Resto Kampung Kuring

Rumah Makan Kampoeng Kuring

Bandung Resto Kampung KUring CIhampelas

Prasmanan di RM Kampoeng Kuring

Nah, itu deh sebagian wisata kuliner dari jalan-jalan kali ini ya. Ada beberapa tempat lainnya tapi karena pengulangan dari wisata kuliner yang sudah pernah dibahas di sini jadinya nggak dimasukin.

Sampai ketemu di postingan jalan-jalan berikutnya yaa :). Cintai Indonesia dengan berkeliling Indonesia menikmati alam dan kulinernya yaa.

Did you like this? Share it: