Pencegahan Virus MERS

Pencegahan Virus MERS

Penyakit saluran pernapasan berat yang disebabkan oleh virus MERS saat ini sedang menjadi perhatian semua pihak, terutama untuk teman-teman yang ada rencana bepergian ke negara Timur Tengah karena virus ini pertama kali ditemukan di Timur Tengah, misalnya untuk #haji maupun #umroh harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan sebelum berangkat, di perjalanan dan juga setelah kembali ke tanah air.

Gejala awal jika terkena virus ini adalah demam, batuk dan napas pendek. Separuh penderita yang terjangkit virus ini berakhir dengan kematian.

Cara simple pencegahannya adalah dengan melakukan hal berikut:
1) Tutuplah hidung dan mulut dengan tissue ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tissue tersebut ke tempat sampah.
2) Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
3) Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama.
4) Gunakan desinfektan untuk membersihkan tangan dan juga barang-barang yang sering disentuh.

Jika ada teman/ keluarga yang baru pulang bepergian dari TimTeng, segera bawa ke dokter jika dalam waktu 14 hari setelah kepulangan mereka terdapat gejala seperti yang disebutkan di atas ya.

Semoga kita sekeluarga selalu sehat dan dalam lindunganNya. Aamiin.

Jika perlu info lanjut sebaiknya merujuk ke sumber yang resmi dan terpercaya seperti website Kementerian Kesehatan Indonesia.

Did you like this? Share it: