Ini mahram saya :)

Ini mahram saya :)

Apakah yang dimaksud dengan mahram?
Seringkali kita terbalik-balik antara mahram dengan muhrim, terutama bagi yang tidak paham bahasa arab seperti saya ini contohnya :). Sama-sama belajar ya kita, sekarang kalau sudah tahu insyaAllah nggak salah lagi nanti.

Mahram adalah semua orang yang haram untuk dinikahi selamanya karena sebab keturunan, persusuan dan pernikahan dalam syariat Islam. Mahram sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya ‘sesuatu yang dilarang’.
Sedangkan muhrim adalah orang yang telah mengenakan pakaian ihram untuk haji atau umrah.

Dalam sebuh hadist disebutkan “Lebih baik memegang bara api yang panas dari pada menyentuh wanita yang bukan mahram” dan juga salah satu hadits  “Sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan wanita.” [HR. Malik, At-Tirmidzi dan An-Nasa’i].

Berikut ini adalah daftar siapa saja mahram kita baik berdasarkan kekerabatan/ keturunan, karena hubungan perkawinan (musaharah) dan juga persusuan. Dengan mereka ini seorang perempuan bisa bertemu tanpa kerudungnya dan juga bersentuhan yang wajar misalnya bersalaman. Nah sudah ngerti kan bedanya. Mudah-mudahan bermanfaat ya supaya besok-besok nggak salah lagi kita :).

1. Suami
2. Ayah kandung
3. Ayah dari suami
4. Saudara kandung laki-laki
5. Anak kandung
6. Anak suami
7. Putra saudara kandung laki-laki
8. Putra saudara kandung perempuan
9. Wanita-wanita islam
10. Budak-budak miliknya
11. Paman dari ayah kandung
12. Paman dari ibu kandung
13. Saudara sepersusuan
14. Anak-anak yang belum baligh
15. Orang tua yang sudah uzur

Did you like this? Share it: