Resep Cumi Hitam ala nasi jamblang cirebon

Cumi Hitam (Nasi Jamblang Cirebon Wannna Be :p)

Tiba-tiba inget nasi jamblang dengan cumi hitamnya. Jauh yaa kalau mesti ke Cirebon, bikin aja sendiri deh. Tapi yang ini kurang sukses wkwkwk abisnya minta si mbak cuci cuminya sama doi dibuang kulit luarnya haha jadilah cuminya polosan kurang cakep. Trus pas mulai masak, eh Malik ngambek minta ditemani main, akhirnya dibujuk boleh bantu masak cumi dan karena bingung bantu apanya, akhirnya tuangin air aja deh Malik, tuangnya banyaak bener haha, mandi air dah cuminya. Jadilah kerjaan lagi buangin airnya supaya cepat sat, yang ada masak cuminya jadi kelamaan, kematengan, tapi si Malik jadi suka karena gampang ngunyahnya :).

Kalau mau bikin jangan ditambahin air kayak saya ya haha, resep aslinya memang gak pake air kok.

Bahan:

Cumi sero 500 gram
Bawang putih 3 siung, haluskan
Lada putih 1 sendok makan, haluskan
Jahe setengah ruas jari, haluskan
1 jeruk nipis untuk rendaman dan garam secukupnya
Kemangi kalau mau wangi (untuk taburan di atasnya kalau sudah matang)
1 sdm minyak atau margarine

Cara:
1. Bersihkan cumi, jangan buang tintanya.
2. Balur 5 menit dengan perasan jeruk nipis.
3. Balur dengan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan garam secukupnya, biarkan 10 menit.
4. Masukkan cumi yang sudah dibumbui ke dalam wajan (tanpa minyak ya, langsung aja masukin jadi memang bukan ditumis), biarkan hingga matang, tidak perlu diberi air karena cumi akan mengeluarkan air saat dimasak.
5. Saat air hampir sat, masukkan minyak/ margarine, aduk rata.
6. Angkat dan hidangkan, jika suka bisa diberi garnish daun kemangi.

Enak dimakan dengan nasi panas dan sambal terasi, slurp.

 

Did you like this? Share it: